Strategic Management


[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2017/11/ManStra_-Rencana-Pembelajaran-Semester_Risris-Rismayani_SM_MBTI-Regular.docx” download=”all” viewer=”microsoft”]

Week-1

(Memahami Konsep  Management Strategik)

Konsep Manajemen Strategi.

Istilah-istilah Utama.

Model Manajemen Strategi.

Manfaat Manajemen Strategi.

Perencanaan Strategi.

Pedoman Manajemen Strategi yang Efektif.

(Karakteristik Manajemen Strategik)

Sejarah perencanaan strategis dimulai di militer, Strategi kata berasal dari “Strategos” bahasa Yunani yang berarti gabungan dari Stratos (tentara) dan ago (untuk memimpin). Pada saat itu Strategi adalah ilmu perencanaan dan pengarahan operasi militer berskala besar, kekuatan manuver ke posisi yang paling menguntungkan sebelum keterlibatan nyata dengan musuh. Militer maupun para pebisnis berusaha  mendapatkan “Keunggulan Kompetitif”, mereka mencoba menggunakan kekuatan mereka sendiri untuk mengeksploitasi kelemahan pesaing.

Tanpa strategi, organisasi seperti kapal tanpa kemudi, berputar-putar dalam lingkaran. Tanpa strategi, seperti gelandangan, tidak ada tempat untuk dituju (Joel Ross dan Michael Us). Perumusan strategi dapat mengembangkan keunggulan kompetitif bilamana proses itu dapat memberi makna kepada para pekerja lapangan (David Hurst). Sebagian besar dari kita takut berubah, bahkan ketika pikiran kita mengatakan perubahan itu normal. Tetapi untuk para ahli strategi dan manajer saat ini, tidak ada pilihan selain untuk berubah (Robert Waterman, JR.

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2018/08/Pertemuan-Ke-1_Introduction-and-Strategic-Management-Characteristics.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

====================================================================

Week-2

FORMULASI STRATEGI

Vision and Mission Statement

   (Mengidentifikasi Visi, Misi, dan Lingkungan Bisnis)

Formulasi Strategi.

  1. Visi dan Misi Perusahaan.
    • Visi
    • Misi
    • Pentingnya Visi dan Misi.
    • Karakteristik Misi.
    • Penulisan dan Evaluasi Misi,
    • Audit Lingkungan Eksternal
  2. Karakteristik Lingkungan Eksternal.
    • Sudut pandang Industrial Organization (I/O).
    • Faktor Ekonomi.
    • Faktor Sosial, Budaya, Demografi dan Alam.
    • Faktor Politik, Pemerintah, dan Regulasi.
    • Faktor Teknologi.

Pernyataan visi harus menjawab pertanyaan dasar ” ingin kita menjadi apa?”. Seharusnya: singkat, sebaiknya satu kalimat, sebanyak mungkin para manajer  memberi masukan untuk mengembangkan pernyataan Visi. Visi yang jelas memberikan landasan untuk mengembangkan pernyataan misi yang komprehensif.

Pernyataan misi adalah sebuah deklarasi tentang alasan untuk menjadi organisasi. Peter Drucker mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan “Apabisnis kita?” adalah identik dengan mengajukan pertanyaan “Apa misi kita?” Pernyataan misi yang jelas sangat penting untuk secara efektif membangun strategi objektif dan merumuskannya. Kadang-kadang disebut pernyataan keyakinan, pernyataan: tujuan, filosofi, keyakinan, prinsip bisnis, mendefinisikan bisnis kita,

Suatu bisnis tidak didefinisikan berdasarkan namanya, undang-undang, atau pasal-pasal penggabungan melainkan didefinisikan melalui pernyataan misi bisnis. Hanya definisi yang jelas tentang misi dan tujuan organisasi yang akan memungkinkan organisasi menyusun tujuan bisnis yang jelas dan realistis (Peter Drucker). Visi perusahaan dapat memfokuskan, mengarahkan, memotivasi, menyatukan, dan bahkan membangun bisnis berkinerja unggul. Tugas ahli strategi adalah mengidentifikasi dan memproyeksikan visi yang jelas (John Keane)

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2017/11/Modul-2-8.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2018/08/Pertemuan-Ke-2_a-Etika-Bisnis-dan-Tanggung-Jawab-Sosial-1.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

=========================================

Week-3

FORMULASI STRATEGI

EXTERNAL ENVIRONMENT ANALYSIS

(Competitive Analysis)

 Audit Lingkungan Eksternal (Lanjutan)

Faktor Persaingan.

Analisis Persaingan: Model Five- Forces Porter.

Sumber Informasi Eksternal.

Teknik dan Alat Peramalan.

Analisis Industri: External Factor Evaluation (EFE) Matrix.

Competitive Profile Matrix (CPM).

Competitive Forces

Seven characteristic describe the most competitive company

1.Market share matters

2.Understand and remember precisely what business you are in ?

3.Whether it’s broke or not, fix it.  Make it better not just product but the whole company if necessary

4.Innovate or evaporate, particularly in technology-driven businesses

5.Acquisition is essential to growth

6.People make a difference

7.There is no substitute for quality and no greater threat than failing to be cost competitive on a global basis.

Key Question about Competitors

1.What are the major competitor’s strength ?

2.What are the major competitor’s weaknesses

3.What are the competitor’s objective & strategies ?

4.How will the major competitors most likely respond to current economic, social, cultural, demographic, environmental, political, governmental, etc

5.How vulnerable are the major competitor to our company’s strategies ?

6.How vulnerable are our alternative strategies to success ful counterattack by our major competitors ?

7.How are our product or service positioned relative to major competitors ?

8.To what extend are new firms entering and old firms leaving this industry ?

9.What key factor have resulted in our present competitive position in this industry ?

10.What is the nature of suppliers and distributors relationship ?

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2017/11/Modul-3.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2018/09/Pertemuan-3-Manstra-2018.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

===============================================================

Week-4

FORMULASI STRATEGI

Audit Lingkungan Internal

Karakteristik Audit Lingkungan Internal.

Sudut Pandang Sumber Daya (RBV)

Integrasi Strategi dan Budaya.

Manajemen

Marketing

Keuangan/Akuntansi

Produksi/Operasi

Penelitian dan Pengembangan.

Sistem Informasi Manajemen.

Analisis Rantai Nilai.

Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix.

 Modul-4

Three Basic Resource

1.Tangible Assets, are the easiest to identify and often found on a firm’s balance sheet.  They include production facilities, raw materials, financial resources, real estate and computers.  Tangible assets are the physical and financial means a company uses to provide value to its customers.

2.Intangible Assets, are not assets that you can touch or see, they are very often critical in creating competitive advantage like brand name, company reputation, organizational morale, technical knowledge, patent & trade mark and accumulated experiences

3.Organizational Capabilities, are not specific inputs like tangible and intangibles assets, they are skill-the ability and ways of combining assets, people and process to transform inputs to outputs.

What Makes a Resource Valuable

1.Competitive superiority : Does the resources help fulfill a customer’s need better than competitors ?

2.Resource scarcity : Is the resource in short supply ?

3.Inimitability : Is the resource easily copied or acquired ?

a.Physically unique resources

b.Path-dependent resource

c.Causal ambiguity

d.Economic deterrence

4.Appropriability : Who actually gets the profit created by a resource?

5.Durability : How rapidly will the resource depreciate

6.Substitutability : Are other alternatives available ?

Baca juga:

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2018/09/Pertemuan-Ke-4_Visi-Misi-dan-Internal-Audit.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

=========================================

Week-5

EXTERNAL AUDIT

(new version)

Bab ini mengkaji alat dan konsep yang diperlukan untuk melakukan audit pengelolaan strategis eksternal
(kadang-kadang disebut sebagai pemindaian lingkungan atau analisis industri).
Audit eksternal berfokus pada identifikasi dan evaluasi tren dan peristiwa di luar yang mempengaruhi perusahaan, seperti meningkatnya persaingan asing, pergeseran populasi ke satu daerah ke daerah lain , perubahan komposisi demografi . Audit eksternal mengungkapkan peluang dan ancaman utama yang dihadapi organisasi, sehingga manajer dapat merumuskan strategi memanfaatkan peluang dan menghindari atau mengurangi dampak ancaman. Bab ini menyajikan kerangka kerja praktis untuk mengumpulkan, mengasimilasi, dan menganalisis informasi eksternal. Pembahasan juga meliputi Pandangan Organisasi Industri (I / O).
Yang patut dicontoh dalam pengelolaan strategi  dalam bab ini adalah Perusahaan Michelin, sebuah  pabrikan yang menghasilkan berbagai jenis ban termasuk ban pesawat,  menyaingi Bridgestone. Selain menetapkan dan mengikuti kode etik yang ketat dalam organisasi, Michelin  dengan sadar mematuhi  prinsip-prinsip Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut:
1. Mampu menjelaskan sifat dan tujuan penilaian eksternal dalam merumuskan strategi.
2. Mampu mengidentifikasi dan diskusikan 10 kekuatan eksternal yang harus diperiksa dalam menyusun strategi: ekonomi, sosial, budaya, demografi, lingkungan, politik, pemerintahan, legal, teknologi, dan  kompetitif.
3. Mampu menjelaskan Model Lima Kekuatan Porter dan relevansinya dalam merumuskan strategi.
4. Mampu menjelaskan sumber utama informasi yang digunakan untuk mencari informasi eksternal yang penting.
5. Mampu mendiskusikan alat dan teknik peramalan.
6. Mampu menjelaskan bagaimana mengembangkan dan menggunakan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE).
7. Mampu menjelaskan cara mengembangkan dan menggunakan Matriks Profil Kompetitif.

Tujuan dan Sifat Audit Eksternal.
Tujuan dari audit eksternal adalah untuk mengembangkan daftar peluang kunci yang mungkin menguntungkan serta daftar ancaman kunci yang harus dihindari. Aaudit eksternal tidak bertujuan untuk mengembangkan daftar lengkap dari setiap faktor yang mungkin yang dapat mempengaruhi bisnis; melainkan  untuk mengidentifikasi variabel kunci  yang dapat ditindaklanjuti. Perusahaan seharusnya mampu merespon dengan baik secara ofensif atau defensif terhadap faktor-faktor tersebut dengan merumuskan strategi untuk mengambil keuntungan dari peluang eksternal atau  meminimalkan dampak dari potensi ancaman.

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2018/09/Pertemuan-5-Audit-Eksternal-1.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

=========================================

Week-5

Mengembangkan Tujuan Jangka Panjang – Mengembangkan Alternatif Strategi

(old version)

 Tujuan Jangka Panjang.

Balanced Scorecard.

Jenis Strategi.

Strategi Integrasi.

Strategi Intensif.

Strategi Diversifikasi.

Strategi Defensif.

Strategi-strategi Umum Michael Porter: Five Generic Strategies.

Arti Pencapaian Strategi.

Manajemen Strategi Pada Organisasi Nirlaba dan Pemerintah

Manajemen Strategi Pada Perusahaan Kecil.

Modul-5

(Formulating Objective and Strategies)

Long-term objectives represent the results expected from pursuing certain strategies. Strategies represent the actions to be taken to accomplish long-term objectives. The time frame for objectives and strategies should be consistent, usually from two to five years.

Objectives should be quantitative, measurable, realistic, understandable, challenging, hierarchical, obtainable, and congruent among organizational units. Each objective should also be associated with a timeline. Objectives are commonly stated in terms such as growth in assets, growth in sales, profitability, market share, degree and nature of diversification, degree and nature of
vertical integration, earnings per share, and social responsibility.

Clearly established objectives offer many benefits. They provide direction, allow synergy, aid in evaluation, establish priorities, reduce uncertainty, minimize conflicts, stimulate exertion, and aid in both the allocation of resources and the design of jobs. Objectives provide a basis for consistent decision making by managers whose values and attitudes differ. Objectives serve as standards by which individuals, groups, departments, divisions, and entire organizations can be evaluated

====================================================================

Week-6

FORMULASI STRATEGI

STRATEGI ALTERNATIF

Analisis dan Memilih Strategi

Karakteristik Analisis dan Pemilihan Strategi.

Strategi Komprehensif.

Tahap Input.

Tahap Pencocokan.

Tahap Keputusan.

Aspek Budaya dalam Pemilihan Strategi.

Politik dalam Pemilihan Strategi.

Isu-isu Governance.

Modul-6

(STRATEGY ANALYSIS AND CHOICE)

Strategy analysis and choice seek to determine alternative courses of action that could best enable the firm to achieve its
mission and objectives. The firm’s present strategies, objectives, vision, and mission, coupled with the external and internal audit information, provide a basis for generating and evaluating feasible alternative strategies. This systematic approach is the best way to avoid a crisis. Rudin’s Law states: “When a crisis forces choosing among alternatives, most people choose
the worst possible one.” Unless a desperate situation confronts the firm, alternative strategies will likely represent
incremental steps that move the firm from its present position to a desired future position. Alternative strategies do not come out of the wild blue yonder; they are derived from the firm’s vision, mission, objectives, external audit, and internal audit; they are consistent with, or build on, past strategies that have worked well.

Strategists never consider all feasible alternatives that could benefit the firm because there are an infinite number of possible actions and an infinite number of ways to implement those actions. Therefore, a manageable set of the most attractive alternative strategies must be developed. The advantages, disadvantages, trade-offs, costs, and benefits of these strategies should be determined. This section discusses the process that many firms use to determine an appropriate set of alternative strategies. Recommendations (strategies selected to pursue) come from alternative strategies formulated.

================================================================

Week-7

Review all materials to check understanding about concept of strategic management and strategic formulation.

===============================================================

Week-8

Assessment  all materials to test understanding about concept of strategic management and strategic formulation.

================================================================

Week-9

Functional Strategic Formulation on  Management dan Operation

Strategi dapat diimplementasikan dengan sukses hanya ketika organisasi memasarkan barangnya dan layanan secara efektif dan meningkatkan modal kerja yang dibutuhkan. Bab ini membahas pemasaran, keuangan / akuntansi, penelitian dan pengembangan (R & D), dan sistem informasi manajemen  (MIS) isu-isu yang penting untuk implementasi strategi yang efektif.

Topik khusus termasuk segmentasi pasar, posisi pasar, mengevaluasi nilai bisnis, menentukan sejauh mana hutang atau saham harus digunakan sebagai sumber modal, laporan  keuangan dari pembangunan proyek-proyek, kontrak R & D dari luar perusahaan, dan menciptakan sistem pendukung informasi. Keterlibatan dan partisipasi manajer dan karyawan sangat penting untuk kesuksesan dalam pemasaran, kegiatan keuangan dan akuntansi, R & D, dan MIS.

  • Karakteristik Implementasi Strategi.
  • Tujuan Tahunan.
  • Kebijakan-Kebijakan.
  • Alokasi Sumber Daya.
  • Penyesuaian Struktur dengan Strategy.
  • Restrukturisasi dan Re-engineering.
  • Menghubungkan Kinerja dan Pembayaran dengan Strategi.
  • Mengelola Resistensi Perubahan.
  • Menciptakan Strategi yang Mendukung Kultur.
  • Fokus Bidang Produksi/Operasi ketika Implementasi Strategi.
  • Fokus Sumber Daya Manusia ketika Implementasi Strategi.

Keberhasilan perumusan strategi tidak menjamin keberhasilan implementasi strategi. Lebih sulit melakukan sesuatu daripada mengatakan Anda akan melakukan sesuatu itu

Formulasi strategi

1. Memposisikan kekuatan sebelum bertindak

2. Fokus pada efektivitas

3. Lebih merupakan proses intelektual

4. Menuntut keterampilan intuitif dan analitis yang baik

5. Menuntut kemampuan koordinasi di antara beberapa individu

 Implementasi Strategi

1.Mengelola kekuatan selama aksi

2. Fokus pada efisiensi

3. Lebih merupakan proses operasional

4. Menuntut motivasi khusus dan keterampilan kepemimpinan.

5. Menuntut koordinasi di antara banyak individu

[embeddoc url=”http://teguhwi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2018/10/Modul-9.pptx” download=”all” viewer=”microsoft”]

========================================

Week-10

Functional Strategic Formulation   

Marketing, Financial/Accounting, R&D, and MIS

Karakteristik Implementasi Strategi.

Isu-Isu Pemasaran Saat ini.

Segmentasi Pasar.

Positioning Produk.

Isu-Isu Keuangan/Akunting.

Isu-Isu Sistem Informasi Manajemen.

Penelitian dan Pengembangan.

Modul-10

Marketing Issues

1.To use exclusive dealership or multiple channel of distribution

2.To use heavy, light or no TV advertising

3.To limit (or not) the share of business done with a single customer

4.To be a price leader or price follower

5.To offer a complete or limited warranty

6.To reward salesperson based on straight salary, straight commission, or combination

7.To advertise online or not

==================================================================

Week-11

STRATEGY EVALUATION

Karakteristik Evaluasi Strategi.

Kerangka Evaluasi Strategi.

Balanced Scorecard.

Karakteristik Sistem Evaluasi yang Efektif.

Rencana Cadangan (contingency).

Tantangan Abad 21 pada Manajemen Strategi.

Modul-11

===================================================================

Week-12

  • Etika Bisnis.

  • Tanggung Jawab Sosial.

  • Keberlanjutan Lingkungan. (environmental sustainability)

Modul-12

====================================================================

Week-13

  1. Organisasi Multinasional
  2. Kelebihan dan Kelemahan Operasi Internasional.
  3. Tantangan Global.
  4. Tarif Pajak Perusahaan Global.
  5. Budaya Bisnis Amerika Vs Asing.
  6. Perbedaan Komunikasi Antar Negara.
  7. Perbedaan Iklim Bisnis Antar Negara/Benua.

Modul-13

====================================================================

Week-14

Minggu ke-14 dipergunakan untuk presentasi kelompok. Tujuan Penugasan dan presentasi kelompok adalah untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dan meningkatkan kemampuan menyampaikan materi presentasi. Seperti dijelaskan pada menu Manstra 2017 Student Assigments, materi yang dipresentasikan meliputi audit manajemen strategi pada suatu perusahaan.

  • Memilih perusahaan yang sudah listing atau go public sehingga memiliki data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) sebagai bahan analisis. Disamping itu ada sumber lain yang dapat dipergunakan yaitu website perusahaan, presentasi kepada investor, dan artikel-artikel baik media cetak maupun elektronik.
  • Mahasiswa mempelajari penerapan manajemen strategi dalam perusahaan dengan menganalisis tiga proses atau tahapan yaitu formulasi, implementasi, dan evaluasi. Analisis tersebut ditopang dengan pemahaman terhadap isu-isu strategik seperti etika bisnis, tanggung jawab sosial, ketahanan nasional, dan global/internasional.

Hasil akhir yang diharapkan adalah materi presentasi yang dipresentasikan pada setiap pertemuan sesuai dengan materi terkait berupa power point.

Kriteria Penilaian

  • Tepat waktu = 20%
  • Kerapihan penyajian materi presentasi = 20%
  • Kerapihan daya tarik presentasi = 30%
  • Penguasaan materi = 30 %

2 responses to “Strategic Management”

  1. Nice read, I just passed this onto a colleague who
    was doiing some research on that. And he just bought me lunch since I found it for him smile Thus let me rephrase that.
    Thank you for lunch!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *